Contoh Soal dan Jawaban Seni Budaya Kelas XI Semester 2 Kurikulum 2013 Essay Part-13 - Melanjutkan soal essai SBK bagian ke-11 dan bagian k-12 (soal nomor 136-150), dimana bagian ke-13 berisikan materi yang sama dengan sebelumnya, yaitu soal tentang pergelaran seni tari.
Berikut dibawah ini, soal seni budaya kelas 11 semester genap K13 edisi revisi lengkap dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 151.
151. Jelaskan yang dimaksud panggung proscenium!
Jawaban: proscenium jenis panggung ini dapat disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkungan proscenium. Dalam panggung ini terdapat dropsilokrama dan wing yang terbuat dari kain hitam, serta balkon (posisi penonton di atas samping).
152. Apa yang anda ketahui tentang tata teknik pentas
Jawaban: tata teknis pentas adalah suatu seputar gerak laku di atas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata yang mengitari pemeran dalam pementasan.
153. Uraian bentuk-bentuk penyajian tari!
Jawaban:
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari massal
d. tari berpasangan
e. tari kolosal
154. Sebutkan tugas-tugas seorang perancang panggung atau pentas dalam pergelaran tari!
Jawaban: tugas seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berguna terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibuat menunjukkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. mampu memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. menciptakan pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton
155. Terangkan yang anda ketahui tentang evaluasi karya tari!
Jawaban: evaluasi karya tari merupakan kegiatan memberikan apresiasi terhadap karya tari dengan cara menuliskan kembali peristiwa pertunjukkan seni tari yang sudah dilakukan atau memberikan komentar terhadap perkembangan peristiwa seni dapat berupa ekspresi kejadian pertunjukkan, komentar, dan penilaianterhadap karya tari.
156. Apa saja busana tari yang dipakai oleh para penari?
Jawaban: busana tari secara umum terdiri atas baju, celana, kain selendang, ikat kepala, mahkota, dan lain-lain
157. Jelaskan tujuan menggunakan properti tari!
Jawaban: properti tari pada dasarnya dapat digunakan untuk memberikan keindahan bentuk harapan tari secara baik, agar kesan harapan tari akan lebih sempurna.
158. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis konsep estetis yang digunakan untuk menilai pergelaran tari!
Jawaban: pada dasarnya dalam menilai seni dilakukan dengan memerhatikan konsep elastis seperti berikut:
a. wiraga
wiraga berupa keahlian gerak tubuh seorang penari sebagai sarana penyaluran ekspresi batinnya.
b. wirama
wirama berupa sebuah pola gerakan dalam sebuah tarian
c. wirasa
wirasa merupakan ekspresi raut muka/ mimik yang menggambarkan karakter tarian, penghayatan gerak sesuai dengan tuntutan tarian
d. wirupa
wirupa merupakan penampilan penari dari ujung atas sampai ujung bawah.
159. Sebutkan prosedur dalam pergelaran karya tari kreasi!
Jawaban: prosedur dalam pergelaran karya tari kreasi yaitu sebagai berikut:
a. membentuk kepanitiaan
b. menyusun jadwal kegiatan
c. penampilan pergerakan tari kreasi
160. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dikuasia penari saat mempragakan karya tari kreasi?
Jawaban: di dalam meragakan karya tari kreasi dengan iringan seorang penari harus memperhatikan hal-hal berikut:
a. hafal semua gerak tari
b. mempunyai rasa percaya diri
c. mampu menguasai tempat untuk menari
d. mampu menarik perhatian penonton
161. Jelaskan alasan penggunaan panggung portabel lebih cocok bila di luar ruangan!
Jawaban:
Panggung portabel cocok dibuat di luar ruangan supaya para penontonnya bisa leluasa dan rileks menonton pertunjukan tari kreasi tersebut. biasanya penonton diberikan kursi saat menyaksikan pertunjukkan.
162. Jelaskan tentang panggung arena!
Jawaban: panggung arena pada umumnya dapat dibuat di dalam maupun di luar gedung. Penataan kursi-kursi penonton dalam panggung arena diatur dengan rapi. Panggung berada di tengah dan antara deretan kursi ada lorong untuk masuk dan keluar pemain atau penari menurut kebutuhan pertunjukkan tersebut.
163. Apakah yang perlu diperhatikan dalam merancang pentas tari kreasi
Jawaban: dalam merancang pentas tari kreasi hendaknya memperhatikan aspek-aspek tempat gerak-laku, memperkuat gerak laku, dan mendandani atau memperindah gerak laku.
164. Bagaimanakah tugas seorang perancang panggung dengan mengikuti kaidah-kaidah yang baik
Jawaban: tugas seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berguna terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibuat menunjukkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. mampu memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. menciptakan pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton
165. Bagaimanakah tujuan tata lampu dalam pertunjukkan tari?
Jawaban: Tujuan tata lampu diantaranya sebagai berikut: tata lampu dipakai sebagai alat peyinar maksudnya sebagai alat untuk menyorot para penarinya sehingga lebih nampak jelas gerakan-gerakannya.
Berikut dibawah ini, soal seni budaya kelas 11 semester genap K13 edisi revisi lengkap dengan kunci jawabannya untuk siswa SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat, dimulai dari pertanyaan nomor 151.
151. Jelaskan yang dimaksud panggung proscenium!
Jawaban: proscenium jenis panggung ini dapat disebut sebagai panggung bingkai karena penonton menyaksikan aksi aktor dalam lakon melalui sebuah bingkai atau lengkungan proscenium. Dalam panggung ini terdapat dropsilokrama dan wing yang terbuat dari kain hitam, serta balkon (posisi penonton di atas samping).
152. Apa yang anda ketahui tentang tata teknik pentas
Jawaban: tata teknis pentas adalah suatu seputar gerak laku di atas pentas dan semua elemen-elemen visual atau yang terlihat oleh mata yang mengitari pemeran dalam pementasan.
153. Uraian bentuk-bentuk penyajian tari!
Jawaban:
a. tari kelompok
b. tari tunggal
c. tari massal
d. tari berpasangan
e. tari kolosal
154. Sebutkan tugas-tugas seorang perancang panggung atau pentas dalam pergelaran tari!
Jawaban: tugas seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berguna terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibuat menunjukkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. mampu memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. menciptakan pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton
155. Terangkan yang anda ketahui tentang evaluasi karya tari!
Jawaban: evaluasi karya tari merupakan kegiatan memberikan apresiasi terhadap karya tari dengan cara menuliskan kembali peristiwa pertunjukkan seni tari yang sudah dilakukan atau memberikan komentar terhadap perkembangan peristiwa seni dapat berupa ekspresi kejadian pertunjukkan, komentar, dan penilaianterhadap karya tari.
156. Apa saja busana tari yang dipakai oleh para penari?
Jawaban: busana tari secara umum terdiri atas baju, celana, kain selendang, ikat kepala, mahkota, dan lain-lain
157. Jelaskan tujuan menggunakan properti tari!
Jawaban: properti tari pada dasarnya dapat digunakan untuk memberikan keindahan bentuk harapan tari secara baik, agar kesan harapan tari akan lebih sempurna.
158. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis konsep estetis yang digunakan untuk menilai pergelaran tari!
Jawaban: pada dasarnya dalam menilai seni dilakukan dengan memerhatikan konsep elastis seperti berikut:
a. wiraga
wiraga berupa keahlian gerak tubuh seorang penari sebagai sarana penyaluran ekspresi batinnya.
b. wirama
wirama berupa sebuah pola gerakan dalam sebuah tarian
c. wirasa
wirasa merupakan ekspresi raut muka/ mimik yang menggambarkan karakter tarian, penghayatan gerak sesuai dengan tuntutan tarian
d. wirupa
wirupa merupakan penampilan penari dari ujung atas sampai ujung bawah.
159. Sebutkan prosedur dalam pergelaran karya tari kreasi!
Jawaban: prosedur dalam pergelaran karya tari kreasi yaitu sebagai berikut:
a. membentuk kepanitiaan
b. menyusun jadwal kegiatan
c. penampilan pergerakan tari kreasi
160. Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dan dikuasia penari saat mempragakan karya tari kreasi?
Jawaban: di dalam meragakan karya tari kreasi dengan iringan seorang penari harus memperhatikan hal-hal berikut:
a. hafal semua gerak tari
b. mempunyai rasa percaya diri
c. mampu menguasai tempat untuk menari
d. mampu menarik perhatian penonton
161. Jelaskan alasan penggunaan panggung portabel lebih cocok bila di luar ruangan!
Jawaban:
Panggung portabel cocok dibuat di luar ruangan supaya para penontonnya bisa leluasa dan rileks menonton pertunjukan tari kreasi tersebut. biasanya penonton diberikan kursi saat menyaksikan pertunjukkan.
162. Jelaskan tentang panggung arena!
Jawaban: panggung arena pada umumnya dapat dibuat di dalam maupun di luar gedung. Penataan kursi-kursi penonton dalam panggung arena diatur dengan rapi. Panggung berada di tengah dan antara deretan kursi ada lorong untuk masuk dan keluar pemain atau penari menurut kebutuhan pertunjukkan tersebut.
163. Apakah yang perlu diperhatikan dalam merancang pentas tari kreasi
Jawaban: dalam merancang pentas tari kreasi hendaknya memperhatikan aspek-aspek tempat gerak-laku, memperkuat gerak laku, dan mendandani atau memperindah gerak laku.
164. Bagaimanakah tugas seorang perancang panggung dengan mengikuti kaidah-kaidah yang baik
Jawaban: tugas seorang perancang panggung dengan baik mengikuti kaidah-kaidah yang baik, sebagai berikut:
a. merupakan rancangan yang baik dan sederhana
b. berguna terus-menerus bagi pemeran atau pelaku.
c. rancangan yang dibuat menunjukkan bahwa setiap elemen yang terdapat di dalam.
d. mampu memberi ruang kepada gerak laku
e. memberi pernyataan suasana lakon
f. menciptakan pandangan yang menarik
g. bisa dilihat dan dimengerti oleh penonton
165. Bagaimanakah tujuan tata lampu dalam pertunjukkan tari?
Jawaban: Tujuan tata lampu diantaranya sebagai berikut: tata lampu dipakai sebagai alat peyinar maksudnya sebagai alat untuk menyorot para penarinya sehingga lebih nampak jelas gerakan-gerakannya.